Ubuntu Klik!


Live your computing life. With Ubuntu.   
Kustomisasi GRUB dengan Grub Customizer
diposkan oleh Inoe pada 12 Desember 2010, 21:20 WIB
Ada kalanya kita ingin mengkustomisasi GRUB Loader kita. Sekedar menambahkan background dan memperindah tampilannya, atau pada kasus saya, merapikan GRUB Menu dari banyaknya kernel yang terinstal.
Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat lemot di komputer saya, dan solusi yang saya dapatkan di internet adalah meng-update kernel ke versi 2.6.36 dari http://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/ (PPA Kernel). Namun, yang terjadi di komputer saya justru Maverick makin aneh. Lalu, saya menemukan di sebuah forum, ada user yang menyatakan bahwa dia upgrade ke Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat dari Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx, dan dengan kernel Lucid, tidak ada masalah dengan Maverick-nya, tetapi menjadi aneh ketika menggunakan kernel Maverick. Jadi, saya coba downgrade kernel ke kernel Lucid. Saya ambil dari repository Lucid Lynx, bukan dari PPA Kernel selain demi keterjaminan stabilitas, juga agar GRUB tidak terlihat aneh karena kepanjangan :P
Kernel yang saya gunakan sekarang adalah 2.6.32-26-generic. Selain kernel bawaan 2.6.35.22-generic, juga terinstal kernel 2.6.35.23-generic hasil instalasi dari Update Manager. Saya ingin tetap mengikuti update kernel resmi, sehingga tidak ingin menghapus kernel bawaan dan kernel yang telah saya update melalui Update Manager, tetapi sangat terganggu jika setiap masuk Ubuntu harus memilih kernel Lucid yang terletak di bawah. Bagaimana kita mengatasi hal semacam ini? Grub Customizer akan sangat membantu :)

Untuk menginstalnya, sebelumnya tambahkan ppa:danielrichter2007/grub-customizer di daftar repository Synaptic Package Manager. Cara selengkapnya bisa dilihat di tulisan sebelumnya, dan keterangan selengkapnya bisa dilihat di Grub Customizer PPA - Ubuntu Tweak.com. Klik reload untuk memperbaharui daftar aplikasi, cari package grub-customizer, dan instal.


Grub Customizer

Dengan Grub Customizer, kita bisa mengatur OS apa saja dan kernel mana yang hendak kita tampilkan di GRUB. Selain itu, kita bisa mengatur beberapa parameter lain dan yang tidak kalah penting, mempercantik tampilannya di menu Preferences.
Sebagai contoh, saya menggunakan background yang sama dengan Desktop Background saya. Pastikan bahwa nama file yang akan digunakan tidak mengandung spasi. Setelah file-nya dipilih, klik copy to grub directory, atur warna menunya sesuai keinginan, klik Close, dan klik menu Save di jendela utama.
Tags: review
Komentar (2)
adrian
diposkan pada 31 Maret 2011, 14:19 WIB
mas mhn bantuan dong ... ubuntu 10.10 kernel 2.6.35.22 sy stelah sy psg aplikasi Brug malah tidak bisa update ke kernel 2.6.35.23 atau yg lbh baru....mohon pencerahan mas krm ke emailku maszero79@ymail.com
Inoe
diposkan pada 06 April 2011, 09:02 WIB
Menanggapi komentar Mas Adrian (jawaban via email sudah saya kirim):

Kernel barunya bisa terinstal, tetapi BURG tidak mau masuk ke kernel baru. Apakah yang terjadi seperti itu?
BURG memang belum bisa meng-update otomatis setiap kernel baru terinstal, sebagaimana tersebut di https://bugs.launchpad.net/burg/+bug/594431

Jadi, setiap setelah selesai meng-update kernel, harus menjalankan perintah berikut ini di terminal:
sudo update-burg

Namun, kalau memang ingin membuatnya otomatis, bisa dicoba mengikuti langkah-langkah yang ada di http://efreedom.com/Question/6-4905/Automatically-Update-Burg-Kernel-Update , yaitu:

Buat file /usr/sbin/update-bootloaders yang berisi:

#!/bin/sh
set -e
exec update-grub "$@"
exec update-burg "$@"

Buat file tersebut bisa dieksekusi ( dengan chmod +x )
Lalu edit file /etc/kernel-img.conf sehingga menjadi sebagai berikut:

do_symlinks = yes
relative_links = yes
do_bootloader = no
do_bootfloppy = no
do_initrd = yes
link_in_boot = no
postinst_hook = update-bootloaders
postrm_hook = update-bootloaders

Semoga membantu :)
Tulis Komentar
Masukkan kode angka yang terlihat ke dalam input di bawah ini.
 kode
 Nama (wajib)
 E-mail (wajib)
 Website/Blog

Beri tahu via e-mail jika ada komentar baru untuk entri ini.
© 2010-2017 Asmoro Budi Nugroho.
Ubuntu Klik! adalah blog tentang Ubuntu Operating System, yang terutama difokuskan pada Graphical User Interface (GUI) experience.
Ubuntu and Ubuntu logo are trademarks of Canonical, Ltd.