Ubuntu Klik!


Live your computing life. With Ubuntu.   
Ubuntu 17.10 Dirilis: Kembali ke GNOME
diposkan oleh Inoe pada 02 November 2017, 21:12 WIB
Kabar mengenai dihentikannya pengembangan Ubuntu Touch yang dipublikasikan melalui Ubuntu Insights beberapa waktu yang lalu terasa seperti April Mop. Atau setidaknya, itu yang saya harapkan waktu itu. Sayangnya, keputusan yang terkesan tiba-tiba itu diberitakan sedikit terlambat untuk April Mop, bukan pada tanggal 1 April, melainkan 5 April 2017.

Ubuntu Touch dihentikan karena tidak menguntungkan bagi Canonical, Ltd. Dan dengan dihentikannya proyek Ubuntu Touch, mimpi Canonical akan convergence, yakni satu sistem operasi yang dapat digunakan pada berbagai perangkat, pun ikut dipupuskan. Memang, setelah proyek Ubuntu Touch ditinggalkan oleh Canonical, pihak ubports mengambil alih pengembangannya. Namun, tanpa adanya dukungan resmi dari perusahaan, tentunya tidak sama.

Convergence adalah faktor yang menginspirasi Canonical untuk mengembangkan antarmukanya sendiri, yaitu Unity interface, beserta display server-nya, Mir. Dengan pengembangan Ubuntu sekarang lebih terfokus ke IoT dan server (?), yang notabene lebih profitable bagi Canonical, maka diputuskan juga untuk menghentikan pengembangan Unity dan Mir, dan beralih ke GNOME 3 sebagai antarmuka pilihan, berikut Wayland sebagai display server-nya.


Tampilan Ubuntu 17.10

Dirilis pada tanggal 19 Oktober 2017, Ubuntu 17.10 yang diberi codename Artful Aardvark, membawa paket perangkat lunak antara lain sebagai berikut:
  • peramban web: Firefox 56
  • email client: Thunderbird 52.4.0
  • office: LibreOffice 5.4.1.2
  • pemutar musik: Rhythmbox 3.4.1
  • penampil gambar: Image Viewer 3.26.1
  • pemutar video: Movies 3.26.0
  • kalender: Calendar 3.26.2
Seperti yang terlihat, walaupun beralih ke GNOME, tampilan antarmuka Ubuntu 17.10 masih terlihat familiar, sekalipun dengan beberapa perubahan, seperti dipindahkannya window controls ke kanan, tidak adanya BFB (ikon Ubuntu yang di Unity digunakan sebagai pembuka Dash), dan komponen-komponen lain yang khas ala GNOME Shell.
Entri ini tidak memiliki tag.
Komentar (0)
Tulis Komentar
Masukkan kode angka yang terlihat ke dalam input di bawah ini.
 kode
 Nama (wajib)
 E-mail (wajib)
 Website/Blog

Beri tahu via e-mail jika ada komentar baru untuk entri ini.
© 2010-2017 Asmoro Budi Nugroho.
Ubuntu Klik! adalah blog tentang Ubuntu Operating System, yang terutama difokuskan pada Graphical User Interface (GUI) experience.
Ubuntu and Ubuntu logo are trademarks of Canonical, Ltd.